Australia Selatan Melirik Kopi Jawa Barat

By Admin

nusakini.com--​​Sebagai bagian dari Misi Bisnis Australia Selatan ke Indonesia, khususnya Jawa Barat, pada pekan lalu, sejumlah calon investor Australia Selatan telah melakukan site visit ke Morning Glory--sebuah kafe terkemuka di Bandung. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk lebih mengenal potensi kopi Jawa Barat.  

Selama di Morning Glory para calon investor tersebut mendapat penjelasan dari manajemen Morning Glory terkait perkembangan industri kopi Jawa Barat serta varietas nya. Mereka juga berkesempatan mencicipi kopi Jawa Barat. Kopi asal Jawa Barat ini diberi nama Indikasi Geografis (IG) "Java Preanger Coffee." 

Java Preanger Coffee berasal dari berbagai gunung di Jawa Barat. Salah satunya berasal dari Gunung Puntang yang memenangkan predikat kopi terbaik nomor satu di Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 yang digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat pada April 2016. 

Menurut sejarah lokal, kopi masuk dan ditanam pertama kali di Tanah Pasundan tahun 1696 oleh para pengusaha Belanda. Pada tahun 1711 kopi Priangan diekspor ke Eropa. (p/ab)